Seni Merangkai Keindahan Dari Ketidaksempurnaan

Sahabat kesayangan saya, Nida cerita kalau dia sedang ikut workshop Ikebana. “Apan tuh?” tanya saya penasaran. “Ikebana itu seni merangkai bunga dari Jepang. Aku ngga mau ngelewatin kelasnya sekali pun juga, karena workshopnya cuman setahun sekali dan aku udah dari lama mau ikut ini. ” Nida ini orangnya super kreatif jadi saya ngga kaget mendengar…

Apa Kabarmu Karov….

Salah seorang teman tiba-tiba me-whatsapp saya. Dengan gegap gempita dia menulis begini, “Pris, novel lo serem amat sih. Gua baca beberapa halaman depan aja udah merinding.” Sebenarnya komentar seperti ini bukan kali pertama saya dapat, ada beberapa orang yang bereaksi sejenis itu. Mendengar komen itu ada perasaan senang. Senang karena rasa takut, deg-degan, dan depresi…

Jika Hamil Itu Kompetisi Apakah Semua Perempuan Harus Jadi Pemenang?

Seorang teman saya membagikan sebuah link artikel yang pernah ditulisnya ketika belum melahirkan. Salah satu kalimat yang saya ingat betul adalah hamil itu bukan lomba makan kerupuk, siapa yang paling cepat habis maka dialah pemenangnya. SAYA MENGAMININYA DENGAN SEGALA IMAN KEBERTUHANAN YANG SAYA PUNYA. Tahun ini, saya dan Daniel memasuki pernikahan ketiga. Maka intensitas pertanyaan…

Solar Shirt Is The New Black

Banyak diantara kita yang kemana-mana bawa power bank untuk menjamin smartphone ngga mati karena kehabisan baterai. Smartphone memang sudah jadi kebutuhan utama banyak orang, buktinya kita pasti milih balik ke rumah kalau smartphone ketinggalan ketimbang dompet yang ketinggalan. Nah menangkap “pasar” pengguna smartphone yang selalu butuh listrik, akhirnya dibuatlah power bank. Dan saat pertama keluar,…

Menemukan Rasa Kehilangan

Pernahkah kalian merasakan takut kehilangan? Rasanya sedih ya. Bahkan ketika rasa itu datang lebih cepat tanpa tahu akan kehilangan apa, rasanya tetap sedih. Mungkin kalian akan bingung membaca kalimat terakhir. Apa iya kita bisa merasakan sedih meski tidak tahu akan kehilangan apa. Sebegitu melekatkah manusia terhadap rasa memiliki?

Saya dan Kata

Buat saya, kata itu bukan sekadar rangkaian huruf yang menyatu. Setiap kata menyimpan kekuatan karena itu saya menghargai setiap eksistensinya. Itu mengapa buat saya, mengedit tulisan adalah pekerjaan yang emosional. Editor adalah seorang pemenggal kata. Tingkat kesadisannya diukur bagaimana si algojo menebas kata demi memasukkannya dalam ruang kata yang tersedia. Kadang ada editor yang memandang…

Meretas Keyakinan Keuangan dalam Pernikahan

Seberapa sering kita mendengar ungkapan ini setelah menikah, “Uang gua ya uang gua…nah uang laki gua itu baru uang barengan.” Ungkapan ini paling sering dibicarakan perempuan pada sesi ladies night atau sesi curhat dalam kehidupan rumah tangga. Saya…saya sering sekali berada dalam model pembicaraan seperti ini. Dan sering kali saya bertanya dalam hati, “Kok gitu…