Tahun Baru Ala Batak, Penuh dengan Mandok Hata

Setiap malam tahun baru, ada satu tradisi Batak yang amat saya suka. Mandok hata. Secara harafiah, mandok hata artinya memberikan kata sambutan, kesan dan pesan. Hampir semua urusan adat orang Batak diisi dengan sesi mandok hata. Semuanya harus ngomong, mulai dari yang paling muda sampai yang paling tua. Hanya saja buat saya, sesi mandok hata…

Perompak + Tegang = Captain Phillips

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=pV-ptQX-75Y] Saya ngga pernah ketemu perompak. Amit-amit…knock on wood, jangan sampe deh ketemu sama penjahat lautan. Kebayang deh di atas air seluas samudra dengan gelombang yang keras, datang “penguasa” laut dengan senjata siap kokang. Kapal atau nyawa melayang. Ketakutan dan ketegangan itu yang saya rasakan sepanjang Tom Hanks mainin perannya jadi Richard Phillips. Kapten kapal…

My First Risoles Story

Sebenarnya saya ini bisa dibilang bukan tipe orang yang betah bergulat di dapur. Kemampuan memasak saya, jauh di bawah kepiawaian mama saya dalam menyulap bahan makanan menjadi sajian yang tak hanya mengenyangkan tapi juga memuaskan lidah. Walau dulu waktu masik piyik, mama saya paling cerewet mengajarkan saya untuk bisa masak. Alasannya sederhana, “Biar nanti kalau…

Rumah Mungil Di Atas Angin

Waaaaahhhhhhhhhh…..postingan terakhir saya adalah 6 Desember, bow….udah lama juga ngga nulis di blog ini ya….RINDUH KALI AKU PUN…… Sebenarnya, pengen nulis sesuatu yang serius….sesuatu yang membuat kepala ngebul kalau ngga ditulis. Tapi terlalu banyak yang bikin kepala ngebul sampe ngga tahu mana yang mau ditulis hihihihi…. Lalu ada ke-ngebul-an apa sekarang sampai saya menulis? Mmmmm…saya…

Go Away Black Spell

Beberapa hari belakangan, saya dikerubungi oleh energi negatif. Rasa pengen marah terus, menggeluh, dan menggerutu. Jangan tanya apa yang menyebabkan saya begitu, karena saya sendiri ngga ngerti kenapa. Energi negatif ini membuat saya menuliskan status ‘Senggol Bacok’ di mesin chat saya. Saya juga menuliskannya di mesin social media yang saya ikuti sih. Status-status itu melahirkan…

Obituary from Pakistan

Menjadi seorang wartawan atau jurnalis bukanlah tanpa risiko. Tidak tanggung-tanggung, taruhannya bisa nyawa. Tapi dulu, ketika saya memilih jurusan Jurnalistik sebagai bidang studi yang saya dalami di bangku kuliah, saya berpikir risiko itu bisa saya terima. Bahkan saya ingat betul pada saat mendapat tugas menulis kenapa saya mau jadi jurnalis, saya menjadikan Udin Wartawan Bernas…

Made in China

Keberuntungan tengah berpihak kepada saya, sebuah undangan meliput rumah sakit kanker di Guangzhou, China, dipercayakan kepada saya. Senang, sudah pasti, tapi pelan-pelan saya gugup karena saya selalu percaya ada sebuah tanggung jawab dari sebuah penugasan kantor hehehe. Tapi ya sudahlah dihadapin aja, mari kita telan bulat-bulat Guangzhou yang merupakan kota industri itu. Perjalanan 6 jam…