Tahun (Hati) Baru

Selamat tahun baru, teman-teman. Sudah lama juga saya tidak nulis di sini, sekalinya nulis udah tahun baru aja.  Jadi gimana setelah empat hari punya kalender baru? Punya tema apa tahun ini? Iya tema, saya kebiasaan bikin tema di tahun baru ketimbang resolusi. Kalau resolusi semangat bikin daftarnya aja tapi eksekusinya sering berujung pada ya udahlah ya…

Mungkinkah Anak Saya Kelak Bisa Jadi Presiden?

Beberapa waktu lalu ramai beredar di sosial media, soal tulisan dari tim sukses yang bilang isu agama dalam konstentasi politik itu hal yang biasa. Jadi jangan cengeng soal isu agama! Menggunakan isu agama dalam konstentasi politik, sama biasanya katanya dengan menggunakan isu gender ketika kandidatnya laki-laki VS perempuan. Jadi jangan cengeng soal isu agama! Saya…

Taat dan Percaya

Menuliskan cerita ini bukanlah perkara mudah untuk saya, karena sampai saat ini saya masih mencari cara untuk memberi kekuatan pada diri sendiri. Tapi saya harus menuliskan cerita ini. Menulis adalah salah satu cara saya untuk memulihkan luka, menghapus kesedihan, merangkum kekuatan serta merangkai kembali harapan.  Kemarin, Selasa 28 Februari, tepat ketika hari terakhir di bulan…

Tentang Ke(bencian) Tuhanan

Malam kemarin bersama Nida dan Daniel sambil mengunyah ramen yang gurih, kita membahas tentang betapa Tuhan itu hebat banget. Awalnya saya bercerita ke sahabat dan suami saya itu tentang Cendrawasih dan Papua. Saya baru saja membaca buku tentang Cendrawasih yang disebut sebagai burung surga itu. “Ternyata Cendrawasih itu cuman bisa berkembang biak di Papua. Peneliti…

Saya dan Kata

Buat saya, kata itu bukan sekadar rangkaian huruf yang menyatu. Setiap kata menyimpan kekuatan karena itu saya menghargai setiap eksistensinya. Itu mengapa buat saya, mengedit tulisan adalah pekerjaan yang emosional. Editor adalah seorang pemenggal kata. Tingkat kesadisannya diukur bagaimana si algojo menebas kata demi memasukkannya dalam ruang kata yang tersedia. Kadang ada editor yang memandang…

Mendefinisikan Kepuasan Diri

Siapa yang bilang dengkuran suami yang naik-turun akan pas jika disandingkan dengan suara Celine Dion yang menyanyikan lagu Don’t Save It All For Christmas Day. Iya Natal memang masih sangat jauh, disaat para sahabat Muslim tengah jatuh cinta dengan Ramadan, saya sangat merindukan malam Natal. Sebenarnya ketika kerinduan akan Natal sedang menelusup masuk pori-pori kesadaran,…

Jangan Hakimi Aku dari Penyakitku

Sebenarnya sudah lama saya mau nulis ini. Semenjak Ibu Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih diumumkan mengidap kanker paru-paru. Bagaimana kemudian orang mempolitisir status kesehatannya ketika itu, untuk urusan politik-politikan ini saya ngga mau menjebak dirilah. Tapi saya menjadi mendidih ketika mendengar orang berkomentar, “Lah menteri kesehatan kok bisa kena kanker?” Pengen banget jawab komentar itu…