Jadi Mamak di Era Post Truth

Ngeri-ngeri sedap yak judulnya hihihi. Ternyata tujuh bulan jadi Mamak newbie, hari-hari saya dijejali dengan kalimat tanya kaya begini: “Ini aman ngga ya buat anak gua?” ; “Ini boleh ngga sih buat anak gua?” ; “Kalau gua makan ini, ASI gua nambah ngga ya trus aman kan ya buat anak gua?” Segala rupa pertanyaan dari…

Narasi Tentang Kebahagiaan

Saat saya menulis ini, saya tengah memasuki fase kebangun tiap dua jam sekali karena ada bayi yang minta susu. Iya bayi. Puji Tuhan, mendekati usia pernikahan keenam tahun, anak baik itu pun datang. Kami menamai dia, Mudita. Daniel yang memilih dipanggil Kapten ketimbang Bapak ini, sudah punya ide menamai anak perempuannya dengan Mudita di awal-awal…

Sekeping Ingatan Cinta Dari Mama

“Mama, Mentari hamil!” Mama yang tadinya duduk bersandar di sofa dengan mata kosong menerawang, langsung lompat mendengar kabar baik itu. Kedua pupil matanya membesar dan warna merah pecah di kedua tulang pipinya. “Puji Tuhan Mentari, sudah berapa bulan?” tanya Mama sambil mengusap-usap perutku. “Baru dua bulan, Ma,” jawabku terbata-bata karena melihat kedua mata Mama begitu…

Untuk Bapak Terbaik di Dunia

Halo Pak, Apa kabar di surga? Sudah baca surat yang Priska selipkan di kantong jasmu? Selain Priska, cucumu, Kaka Yeye juga bikin surat. Sederhana tapi sangat penuh makna. Pesannya hanya, “Opung Doli, sehat selalu di surga.” Lalu dia buat gambar Bapak dan Kaka Yeye lagi makan di restoran. Hihihi pintar cucumu, Pak. Kalau suratku, panjang!…

Pergumulan dan Peluang Untuk Dikuatkan

Saat mandok hata di malam tahun baru kemarin, ada refleksi Daniel yang bikin saya terharu. Begini katanya, “Tahun 2017 kemarin adalah tahun yang mengajarkan kita banyak hal. Saat program bayi tabung gagal sampai Priska harus dikuretase, kita benar-benar bergumul. “Bahkan saat mau mulai program lagi, diskusinya juga panjang dan dalam sekali. Sampai akhirnya kita yakin…

Tahun (Hati) Baru

Selamat tahun baru, teman-teman. Sudah lama juga saya tidak nulis di sini, sekalinya nulis udah tahun baru aja.  Jadi gimana setelah empat hari punya kalender baru? Punya tema apa tahun ini? Iya tema, saya kebiasaan bikin tema di tahun baru ketimbang resolusi. Kalau resolusi semangat bikin daftarnya aja tapi eksekusinya sering berujung pada ya udahlah ya…

Mungkinkah Anak Saya Kelak Bisa Jadi Presiden?

Beberapa waktu lalu ramai beredar di sosial media, soal tulisan dari tim sukses yang bilang isu agama dalam konstentasi politik itu hal yang biasa. Jadi jangan cengeng soal isu agama! Menggunakan isu agama dalam konstentasi politik, sama biasanya katanya dengan menggunakan isu gender ketika kandidatnya laki-laki VS perempuan. Jadi jangan cengeng soal isu agama! Saya…